Selasa, 21 Februari 2017

PANEN PADI MENINGKAT,PETANI DESA GLAGAHAN SENANG

Glagahan, 21-02-2017 – Panen padi di Desa Glagahan Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro pada Tahun 2017 ini di kategorikan meningkat, peningkatan produksi pertanian pafi tersebut erupakan tanda –tanda yang baik terhadap upaya pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan nasional.
Menurut salah seorang petani Desa Glagahan, Jumari ( 35 ) mengatakan, peningkatan hasil panen para petani tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor alam, salah satunya adalah faktor intensitas hujan yang cukup untuk mengairi area persawahan lahan pertanian padi di Desa Glagahan.
Selain itu, penanganan masalah hama / penyakit dalam pertanian di tahun ini termasuk baik,sehingga tidak ada hama penyakit yang sampai menyebar di area pertanian Desa Glagahan. Hal ini menjadi salah satu faktor yang positif dalam pertanian khususnya di desa Glagahan.
Jumari juga mengatakan bahwa pada tahun ini hasil pertanian yang ada di Desa Glagahan meningkat 2 kali lipat dari pada tahun tahun sebelumnya, hal ini di tandai dengan hasil panen perhektar yang dulunya hanya mencapai sekitar 4,5 ton , sekarang bisa menjadi sekitar 8 ton Per Hektarnya.
Jumari berharap dengan meningkatnya hasil panen para petani, pemerintah juga jangan sampai lepas tangan terkait harga jual Gabah para petani yang ada di Desa pada umumnya.
“ meskipun hasil panen kami meningkat, namun kami berharap pemerintah juga harus memikirkan harga jual gabah para petani agar bisa meningkat, jangan sampai panen meningkat akan tetapi harga jualnya malah menurun “ tutur Jumari . ( nasiqin/kim )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar